Kamis, 20 November 2014

LANDASAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN


           Di berbagai tempat di dunia dapat ditemukan berbagai aliran filsafat social. Sosiologi lahir dalam abad ke-19 di Eropa, karena pergeseran pandangan tentang masyarakat, sebagai ilmu empiris yang memperoleh pijaka yang kokoh. Sosiologi sebagai ilmu yang otonom dapat lahir karena terlepas dari pengaruh filsafat. Nama sosiologi pertama kali digunakan oleh August Comte (1798-1857) pada tahun 1839. Sosiologi mempelajari berbagai tindakan social yang menjelma dalam realitas social. Mengingat banyaknya realitas social maka lahirlah berbagai cabang sosiologi seperti sosiologi kebudayaan, sosiologi ekonomi, sosiologi agama, sosiologi pengetahuan, sosiologi pendidikan, dll.
  1. Pengertian tentang landasan sosiologi
Kegiatan pendidikan merupakan suatu proses interaksi antara dua individu, bahkan dua
Generasi, yang memungkinkan generasi muda memperkembangkan diri.
+ Ruang Lingkup sosiologi pendidikan
  1. Hubungan system pendidikan dengan aspek masyarakat lain, tentang (a) Fungsi pendidikan dalam kebudayaan, (b) Hubungan system pendidikan, proses control social, dan system kekuasaan, (c) Fungsi system pendidikan dalam memelihara dan mendorong proses social dan perubahan kebudayaan, (d) Hubungan pendidikan dengan kelas social atau system status, ( e) Fungsionalisasi system pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar